Konsep Pembelajaran Abad 21
Pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran, dimana kurikulum yang dikembangkan menuntun sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari teacher centered (berpusat pada guru) menjadi student centered (berpusat pada siswa).
Konsep pembelajaran abad 21 dilakukan dengan menggunakan istilah 4C, yaitu
- Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir Kritis & Pemecahan Masalah)
- Creativity and Innovation (Daya Cipta dan Inovasi)
- Collaboration (Kerjasama)
- Communication (Komunikasi)
Berikut penjelasan masing-masing istilah dalam konsep pembelajaran abad 21 :
1. Critical Thinking and Problem Solving
Merupakan proses terarah dan jelas yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, melakukan penelitian ilmiah, dan sebagainya. Peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang baik dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit, dan interkoneksi antar sistem.
Peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, peserta didik juga memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah
Guru memberikan kesempatan secara bebas dan bertanggung bertanggung jawab kepada setiap siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan dan membuat refleksi bersama-sama. Pertanyaan-pertanyaan pada level HOTS dan jawaban terbuka pun sebagai bentuk mengakomodasi kemampuan berpikir kritis siswa.
0 Comments